enfifirever

Cara Mengendalikan Emosi

Posted on: Desember 2, 2012

Nama         : Engga Putra Pratama
NPM           : 12611438
Kelas          : 2SA02

Cara mengendalikan emosi

Emosi adalah suatu ungkapan perasaan atau ekspresi seseorang saat sesuatu terjadi pada dirinya. Perasaan itu dapat senang, sedih, marah atau takut kepada sesuatu.

Sekalipun kebanyakan orang menganggap emosi lebih dominan ke perasaan marah atau kesal terhadap sesuatu. Tetapi, jika itu terlalu diluapkan dan tidak dikendalikan akan membawa efek negatif baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Salah satu cara mengklasifikasikan emosi adalah berdasarkan apakah emosi tersebut positif atau negatif. Emosi-emosi positif -seperti rasa gembira dan rasa syukur- mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan menguntungkan, sedangkan emosi-emosi negatif -seperti rasa marah atau rasa bersalah- mengekspresikan sebaliknya.

Emosi tidak dapat netral, karena menjadi netral berarti menjadi nonemosional.

Emosi positif bisa menimbulkan efek yang positif juga pada diri seseorang, fisik dan mental akan sehat karena timbul rasa optimis terhadap keadaan tubuh dan pikiran.
Emosi negatif dapat membawa dampak buruk bagi tubuh dan pikiran. Seperti stress, depresi, gangguan pada jantung dan tubuh akan mudah terserang penyakit luar.

Dengan kata lain, emosi negatif adalah emosi yang tidak dikendalikan.

Dalam interaksi sosial, emosi memegang peran sangat penting. Bayangkan bagaimana seandainya relasi antarpribadi berlangsung tanpa disertai emosi: kita berkomunikasi dengan ekspresi datar, tanpa lonjakan perasaan.

Meskipun demikian, ekspresi emosi meledak-ledak tak dapat diterima oleh masyarakat. Itulah sebabnya diperlukan pengendalian emosi, bukan hanya untuk mengurangi ekspresi emosi yang tidak diharapkan, melainkan juga mengendalikan beberapa bentuk emosi yang sering kali menyulitkan kita sendiri, seperti kemarahan, kecemasan, rasa bersalah, dan juga cinta romantis.

Karena itulah, pengendalian emosi diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada banyak cara untuk mengendalikan emosi negatif, berikut ini beberapa contohnya :

Ibadah

Mengendalikan emosi dapat dilakukan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Beribadah dapat menjaga kesehatan mental sehingga dapat emosi positif karena ibadah merupakan media dimana kita dapat mengemukakan masalah kita.

Karena saat berdoa, meminta dan memohon pertolongan secara tidak langsung  jiwa kita menjadi tenang dan dapat mengendalikan emosi

Olahraga

Olahraga dapat  positif didalam hati. Pertama kita ambil contoh, seorang karyawan yang selalu sibuk dengan pekerjaannya di kantor, di hari libur dia memanfaatkan waktu itu untuk olahraga. Untuk menghilangkan stress yang sering kantornya. Berolahraga dapat membantu kita mengurangi kegelisahan hati dan bahkan dapat melawan kemarahan.

Alasannya, kalau jantung kita bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi.

Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah.

Aktifitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah aerobik macam berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.

Percaya diri

Yakinkan pada diri sendiri, bahwa segala masalah pasti ada jalan keluarnya, dan kita dapat melakukan apapun selama kita percaya kalau kita bisa melakukannya.

Hindari sugesti ke diri sendiri seperti “Ah, pasti saya tidak akan bisa” atau “Yang seperti ini tidak mungkin saya selesaikan”.

 

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga dapat menjadi cara untuk mengendalikan emosi. Selama mendengarkan musik yang disukai itu akan membantu anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

Contohnya saat sepulang sekolah, atau setelah menyelesaikan suatu kegiatan, mendengarkan musik disaat itu dapat membuat hati menjadi tenang.

Musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental.

Istirahat

Istirahat yang cukup diperlukan untuk menenangkan diri dari kesibukan rutin yang setiap hari kita hadapi. Dengan beristirahat sejenak disela-sela kesibukan . Saat sampai dirumah tidur yang cukup untuk beristirahat untuk kegiatan yang akan dilakukan besok.

Kualitas tidur dapat mempengaruhi suasana hati, jadi pastikan dapat tidur secara nyaman dan cukup sehingga emosi saat bangun esok harinya dalam keadaan yang baik.

Jalani hobi

Tentunya setiap orang mempunyai hobi, seperti memancing, mendaki gunung, bersepeda atau main golf. Menyibukkan diri dengan hobi kita dapat melepaskan stress dan membuat jiwa menjadi tenang.

Menyibukkan diri dengan hobi membuat orang lebih bersemangat dalam suatu kegiatan.  Karena secara tidak langsung kita menikmati suatu hobisekalipun itu melelahkan. Tapi itu tidak masalah selama kita menyukainya.

Konsultasi kepada ahlinya

Jika mempunyai masalah pada diri kita, dan kita tidak tahu bagaimana pemecahannya, sehingga kalau dibiarkan akan membuat tekanan pada diri kita ada baiknya kita menceritakan masalah yang dihadapi ke ahlinya.

Seperti konsultasi ke psikiater, orang tua atau orang yang ahli.

Selain mendapat pemecahan dari orang yang kita temui, hati kita juga merasa lega karena sudah mencurahkan semua beban yang ada.

Kita bebas mengekspresikan emosi kita, karena emosi yang dipendam itu tidak baik,

mengendalikan emosi tidak berarti menekan emosi yang kita alami ke dalam alam bawah sadar. Kita perlu mengakui emosi-emosi kita dalam hati, tanpa mengekspresikannya begitu saja.

Tergantung bagaimana kita mengekspresikannya. Emosi dapat membuat diri kita jadi lebih baik atau sebaliknya.

Selama emosi yang dikeluarkan itu positif, itu tidak masalah. Sebisa mungkin kendalikan emosi yang negatif.

Kita perlu mengekspresikan emosi dengan cara yang dapat diterima oleh lingkungan. Ini merupakan salah satu cara untuk tetap sehat.

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Emosi

http://kesehatan.kompas.com/read/2010/04/14/09303460/Emosi.Bisa.Positif.dan.Negatif-5

http://ibhcenter.org/id/artikel/mengatur-emosi-diri_468

http://www.sehatpangkalkaya.com/tips-sehat/53-manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-mental

Tag:

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: